Laman

Sabtu, 09 Maret 2013

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI


SYARAT PESERTA MAPRES

1.      Mahasiswa jurusan pendidikan kimia angkatan 2009-2011.
2.      Memiliki IPK >3,0.
3.      Aktif organisasi baik internal maupun eksternal kampus.
4.      Mampu membuat karya tulis.
5.      Terampil berbahasa asing (diutamakan bahasa Inggris).
6.      Cerdas, kreatif, inovatif, dan cendikia.
7.      Mengisi formulir pada saat pengumpulan arsip dengan sebenar-benarnya.
8.      Dapat mempertanggungjawabkan data dalam fomulir tersebut.
9.      Menyertakan masing-masing 1 lembar arsip pendukung yang penting seperti :
·      Fotokopi KTM.
·      Fotokopi KHS dari semester 1 hingga KHS terakhir.

10.  Semua arsip pendukung yang penting dimasukkan kedalam map.
11.  Pengumpulan arsip pendukung dibuka tanggal 11-15 Maret 2013 di depan Mushola FPMIPA A pukul 08.30-16.00
12.  Pengumuman kelulusan peserta akan diumumkan pada hari Sabtu, 16Maret 2013 melalui sms, dapat pula diakses di blog hmkfpmipaupi.blogspot.com

Peserta yang dinyatakan lulus, wajib membuat sebuah karya tulis dengan tema “Energy source for the future in basic of chemistry and chemistry education”. Dikumpulkan selambat-lambatnya pada hariSabtu, 30 Maret 2013, ke staff Akademik HMK FPMIPA UPI dengan menghubungi CP terlebih dahulu.

Dengan ketentuan penulisan karya tulis sebagai berikut.

1.    Tatacara Penulisan
-          Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman, menggunakan bahasa Indonesia baku dengan EYD, dan tidak menggunakan singkatan seperti dll,dsb.
-          Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12”, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi di kertas A4.

2.    Tata letak
a.    Batas pengetikan :
1)   Samping kiri 4 cm.
2)   Samping kanan 3 cm.
3)   Batas atas 4 cm.
4)   Batas bawah 3 cm.
b.    Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab, dan perinciannya :
1)   Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 2 spasi.
2)   Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf kapital dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digarisbawahi.
3)   Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata – kata tugas seperti yang, dari, dan.
4)   Judul anak Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 1 cm. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata – kata tugas.
5)   Jika masih ada sub-judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada butir 3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.

3.    Pengetikan kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris, diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik. Sumber dinyatakan dengan menyebutkan nama penulis, tahun dan halaman, di dalam kurung. Sumber yang dikutip harus dicantumkan pada daftar pustaka.

4.    Penomoran halaman

5.    Kebahasaan
yaitu dalam penggunaan :
a.    Huruf miring
b.    Huruf kapital
c.    Huruf tebal
6.    Tata bahasa
a.    Fungsi tata bahasa digunakan dengan taat asas dan tegas, sehingga subjek dan predikat harus selalu ada.
b.    Penggunaan ejaan dan istilah resmi
c.    Bahasa yang digunakan bersih dari unsur dialek daerah, variasi bahasa Indonsia, dan bahasa asing yang belum dianggap sebagai unsur bahasa Indonesia, kecuali untuk istilah bidang ilmu tertentu.
7.    Tanda baca
8.    Penulisan Tabel dan Gambar
9.    Penyusunan Daftar Pustaka

1.      Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
1.      Bagian Awal
a.       Halaman Judul ( huruf kapital, mencantumkan nama penulis, nomor induk mahasiswa, dan perguruan tinggi asal) ditulis dengan jelas.
b.      Kata pengantar dari penulis
c.       Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
d.      Ringkasan terdiri dari 500-750 kata ditulis dalam bahasa Indonesia. Ringkasan dalam bahasa Inggris/asing diketik pada lembar terpisahuntuk keperluan penilaian kemampuan berbahasa Inggris/Asing.
2.      Bagian Inti
a.       Pendahulan
Bagian pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b.      Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan massalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan massalah yang dikaji, nuraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
c.       Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, analisis-sintetis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
d.      Analisis dan Sintesis
Bagian ini berisi analisis-sintetis permasalahan yang didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah (solusi) atau gagasan yang kreatif.
e.       Simpulan dan Rekomendasi
Simpulan harus konsisten dengan analisis dan sintetis pada pembahasan serta menjawab tujuan.
Rekomendasi yang disampaikan berupa alternatif pemikiran atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.

21.    Penilaian Berbahasa Inggris atau Asing
Penilaian Berbahasa Inggris/Asing dilakukan melalui 2 tahap, yaitu:
a.       Penulisan ringkasan, (bukan abstrak) berbahasa Inggris/Asing dari karya tulis ilmiah
b.      Presentasi dan diskusi dalam bahaa Inggris/Asing.
Ringkasan berisi latar belakang penulisan, rumusan masalah,metodologi, hasil dan kesimpulan. Ringkasan terdiri dari 500-750 kata, ditulis dengan menggunakan 1,5 spasi di kertas A4. Penulisan ringkasan bertujuan untuk menilai kecakapan mahasiswa  dalam menulis bahasa Inggris/asing. Presentasi dengan topik tertentu dan dilanjutkan dengan diskusi bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi lisan.

32.     Hasil Seleksi Karya Tulis Ilmiah diumumkan pada tanggal 4 april 2013 melalui sms dan dapat diakses di hmkfpmipaupi.blogspot.com

43.     Karya Tulis Ilmiah peserta yang lolos akan dipresentasikan pada tanggal 5 april 2013, tempat dan waktu akan diinformasikan kembali.

54.   Segala ketentuan dan kebijakan yang baru ditetapkan oleh panitia akan dipublikasikan melalui Mading HMK FPMIPA UPI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar